Diposkan pada Fisika menyenangkan :)

Soal-Soal Latihan Fisika Materi Usaha dan Energi

  1. Sebuah benda dengan massa 50 kg ditarik sejauh 40 m sepanjang lantai horizontal dengan gaya tetap 100 N dan membentuk sudut 37° terhadap arah mendatar. Jika gaya gesek terhadap lantai 50 N, maka tentukan usaha yang dilakukan oleh masing-masing gaya!
  2. Suatu gaya F = 10 N, besar dan arahnya tetap. Titik tangkap gaya menggeser sepanjang garis lurus yang panjangnya 5 m. Gaya F  membentuk sudut θ terhadap arah perpindahan. Ternyata gaya F melakukan usaha sebesar 25√2 joule. Berapakah besar sudut θ?
  3. Sebuah gaya F = (2i + 3j) N melakukan usaha dengan titik tangkapnya berpindah menurut r = (4i + aj) m dan vektor i dan j berturut-turut adalah vektor satuan yang searah dengan sumbu X dan sumbu Y pada koordinat kartesian. Bila usaha tersebut bernilai 26 J, maka hitunglah nilai a!
  4. Sebuah pedati yang penuh dengan muatan ditarik oleh dua ekor kuda. Gaya tarik masing-masing kuda adalah 100 N dan 150 N dan membentuk sudut 30°. Jika pedati tersebut harus mengantar muatan sejauh 10 km, maka jawablah pertanyaan berikut: a) Benarkah usaha yang dilakukan kedua kuda tersebut kurang dari 2 juta joule? b) Apabila gaya gesek antara roda dan jalan diperhitungkan dan besarnya 100 N, maka berapa usaha yang dilakukan oleh kedua kuda tersebut setelah menempuh perjalanan 5 km?
  5. Sebuah balok bermassa 4 kg memiliki kecepatan 15 m/s. Kemudian balok tersebut melewati bidang kasar sejauh 14,4 m sehingga kecepatannya tinggal 9 m/s. Berapakah besar gaya yang bekerja pada balok tersebut?
  6. Sebuah benda bermassa 20 kg terletak pada bidang miring dengan sudut 30o terhadap bidang horizontal. Jika percepatan gravitasi 9,8 m/s2 dan benda bergerak sejauh 3 meter ke arah bawah, usaha yang dilakukan gaya berat!
  7. Sebuah bola dengan massa 0,5 kg dilemparkan vertikal ke atas dengan kecepatan 20 m/s. Jika percepatan gravitasi 10 m/s2, tentukan: a) Energi potensial saat mencapai titik tertinggi, dan b) Perubahan energi potensial saat bola berada pada ketinggian 5 m!
  8. Sebuah benda bermassa 4 kg mula-mula diam, kemudian bergerak lurus dengan percepatan 3 m/s2. Berapakah usaha yang diubah menjadi energi kinetik setelah 2 sekon?
  9. Bus dengan massa 3,5 ton bergerak menuruni bukit dengan kecepatan awal 72 km/jam dan kecepatan akhir 18 km/jam. Jika ketinggian bukit 32 m, berapakah energi kinetik dan energi potensial saat h = 32 m?
  10. Buah dengan massa 300 gram jatuh dari pohonnya dengan ketinggian 6 m. Jika g = 10 m/s2, berapakah perubahan energi potensial buah tersebut pada ketinggian 2 m?
  11. Sebuah anak panah ditembakkan miring ke atas dengan sudut 60° dan energi kinetik 300 J. Jika g = 10 m/s2, berapakah besarnya energi kinetik saat mencapai titik tertinggi?
  12. Sebuah benda ditembakkan miring ke atas dengan sudut elevasi 30° dan dengan energi kinetik 400 J. Jika g =10 m/s2, berapakah energi kinetik dan energi potensial benda saat mencapai titik tertinggi?
  13. Jika jari-jari R = 35 cm, g = 10 m/s2, hitunglah: a) Energi kinetik saat di titik A, dan b) Kecepatan bola meninggalkan titik B!
  14. Benda yang massanya 0,25 kg dilepaskan vertikal ke atas dan kembali ke pelempar lagi setelah 12 sekon. Berapa energi kinetik benda setelah bergerak 9 sekon?
  15. Sebuah bola besi bermassa 20 kg jatuh bebas dari ketinggian 4 m diatas hamparan pasir. Sesampainya dipermukaan pasir bola besi tersebut bisa masuk sedalam 5 cm. Berapakah gaya tahan pasir terhadap bola?
  16. Sebuah tongkat yang panjangnya 40 cm dan tegak di atas permukaan tanah dijatuhi martil 10 kg dari ketinggian 50 cm di atas ujungnya. Bila gaya tahan rata-rata tanah 103 N, maka hitunglah banyaknya tumbukan martil yang perlu dilakukan terhadap tongkat agar menjadi rata dengan permukaan tanah!
  17. Sebuah benda dilemparkan dari sebuah gedung yang tingginya 15 m. Kecepatan awal bola ketika dilempar 15 m/s dengan arah 30° di atas garis horizontal. Berapakah kelajuan bola sesaat sebelum menumbuk tanah (g = 10 m/s2)!
  18. Sebuah benda jatuh dari ketinggian 4 m, kemudian melewati bidang lengkung seperempat lingkaran licin dengan jari-jari 2 m. Tentukan kelajuan saat lepas dari bidang lengkung tersebut!
  19. Sebuah benda yang massanya 0,5 kg dilepas dari A dan meluncur melalui lintasan AB yang berupa ¼ lingkaran yang licin dengan jari-jari 4 m. Jika g = 10 m/s2, tentukan: a) Kecepatan benda saat tepat di B, dan b) Energi kinetik benda saat di B!
  20. Seseorang yang massanya 60 kg berlari menaiki tangga yang tingginya 4 m dalam waktu 4 sekon. Berapakah daya yang dihasilkan orang tersebut? (g = 10 m/s2).

ooOoo
-Selamat Berlatih Semoga Sukses-

(taken from many sources)

Iklan

Penulis:

Nunnalita, nama penaku. Tidak ada yang istimewa mengenaiku, tiada jua aku berharap akan dikenal karena tulisanku, aku hanya suka menulis. Terimakasih sudah berkunjung ke rumah tulisanku ini. Kesan dan pesan kurindukan. Salam senang menulis :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s