Diposkan pada Fisika menyenangkan :)

Soal UTS Fisika Kelas XI Semester Genap

Bagi sahabat fisika yang butuh referensi soal untuk belajar UTS Fisika,,silahkan, dapat dilihat di bawah ini, semoga bermanfaat 🙂

  1. Sebuah baling-baling bambu berputar dengan kecepatan sudut tetap 10 rad/s dan momen inersia 0.02 kgm2. Momentum sudut putaran baling-baling itu sebesar … kgm2/s.
  2. Bola besi pejal mempunyai lubang yang tepat membelah di kedua ujung sisinya melewati titik pusat. Jari-jari  bola besi itu 10 cm dengan massa 1 kg. Bola diputar melalui lubang dengan kecepatan 500rpm. Momentum sudut bola besi sebesar . . . kgm2/s.
  3. Sebatang kayu berbentuk silinder dengan massa 25 kg. Kayu tersebut diberi gaya sehingga menggelinding dengan percepatan sudut 6 rad/s2. Jika jari-jari silinder sebesar 10 cm dan gesekan dengan lantai diabaikan, nilai momen gaya silinder kayu sebesar . . . Nm.
  4. Sebuah silinder  pejal menggelinding dari keadaan diam menuruni suatu bidang miring yang tingginya 15 m. Kelajuan linier silinder ketika tiba di dasar bidang miring adalah . . . m/s. (g = 9.8 m/s2)
  5. Suatu sistem dirangkai seperti gambar di bawah. Jika sistem dalam keadaan setimbang, maka besarnya gaya F adalah … .
  6. Sebuah batang homogen yang massanya 13 kg (g = 10 m/s2) dan panjang 13 m disandarkan pada sebuah tembok tingginya 5 meter dari tanah. Jika tembok licin, lantai kasar, dan batang dalam kesetimbangan, maka koefisien gesekan antara lantai dengan ujung batang adalah … .
  7. Pada sistem kesetimbangan benda seperti pada gambar di samping, panjang AB = 80 cm, AC = 60 cm, dan berat 18 N. Jika ujung batang digantungkan beban 30 N, maka tegangan pada tali adalah … .
  8. Benda yang mempunyai titik berat yang letaknya sama dengan jari-jari yang dimiliki yaitu . . .  .
  9. Besar tekanan fluida di suatu bidang bergantung pada besaran berikut, kecuali … .
    1. kerapatan fluida
    2. massa jenis fluida
    3. luas permukaan bidang
    4. percepatan gravitasi bumi
    5. jarak bidang dari permukaan fluida
  10. Sebuah benda mempunyai massa jenis 200 kg/m3 dicelupkan ke dalam air yang kerapatannya 1.000 kg/m3. Jika volum benda yang tercelup , gaya ke atas yang dialami benda sebesar … N. (g = 9,8 m/s2)
  11. Sepotong kayu terapung dengan  bagian tercelup di dalam air. Jika massa jenis air 1.000 kg/m3, massa jenis kayu sebesar … kg/m3.
  12. Sebuah pipa U mula-mula diisi dengan air ( ρ = 1.000 kg/m3), kemudian salah satu kakinya diisi cairan setinggi 10 cm. Jika selisih permukaan air pada kedua kaki 8 cm, massa jenis cairan tersebut adalah … kg/m3.12
  13. Pernyataan di bawah ini yang merupakan asas Bernoulli yaitu … .
    1. Tekanan fluida di tempat yang kecepatannya besar lebih besar daripada di tempat yang kecepatannya kecil.
    2. Tekanan fluida di tempat yang kecepatannya besar lebih kecil daripada di tempat yang kecepatannya kecil.
    3. Tekanan fluida di tempat yang kecepatannya kecil sama dengan tekanan fluida di tempat yang kecepatannya besar.
    4. Tekanan fluida tidak dipengaruhi oleh kecepatannya.
    5. Tekanan fluida sebanding dengan kecepatannya
  14. Air mengalir pada suatu pipa yang diameternya berbeda dengan perbandingan 1 : 2. Jika kecepatan air yang mengalir pada bagian pipa yang besar 40 m/s, kecepatan air pada pipa yang kecil sebesar … m/s.
  15. Suatu bak besar terbuka berisi air penuh setinggi permukaannya yaitu 500 cm. Pada dinding bak terdapat lubang kecil yang tingginya 20 cm dari lantai. Jarak jatuh cairan yang bocor dari bak tersebut sejauh … m. (g = 10 m/s2)
  16. Jantung seseorang berdetak 1,2 kali per sekon dan memompa  darah per detak dengan tekanan rata-rata 14 kPa. Daya keluaran jantung adalah … W.
  17. Sebuah pipa besar mempunyai luas penampang 6 cm2. Ujungnya mempunyai keran dengan luas penampang 2 cm2. Kecepatan zat cair yang mengalir pada pipa besar 0,2 m/s. Dalam waktu 10 menit, zat cair yang keluar dari keran … .
  18. Pada pesawat model, kecepatan udara di bagian atas 60 m/s dan kecepatan bagian bawah 30 m/s. Massa jenis udara 1,2 kg/m3 dan tekanan udara bagian atas pesawat 103 kPa. Tekanan udara dari bagian bawah sayap sebesar … Pa
  19. Momen gaya atau torsi didefinisikan sebagai hasil kali gaya dengan … .
  20. Pada benda yang menggelinding, benda melakukan gerak … dan gerak … .
  21. Semakin tinggi permukaan zat cair dalam wadah, zat cair tersebut akan semakin berat sehingga tekanan yang dikerjakan zat cair pada dasar wadah akan semakin … .
  22. Permukaan air raksa berbentuk meniskus cembung karena kohesi lebih …  daripada adhesi.
  23. Pada penampang sayap pesawat terbang, kecepatan aliran udara pada bagian sisi atas lebih besar daripada sisi bagian bawah sayap sehingga tekanan bagian atas lebih … daripada tekanan pada bagian bawah.

 

Uraian

  1. Sebuah bola menggelinding pada permukaan dengan kecepatan v, tentukan perbandingan energi kinetik translasi dibanding energi kinetik rotasi!
  2. Sebuah piringan berbentuk silinder pejal mula-mula berputar pada porosnya dengan kecepatan sudut 9 rad/s. Massa dan jari-jari piringan 0.6 kg dan 0.2 m. Bila di atas piringan diletakkan cincin yang mempunyai massa dan jari-jari 0.6 kg dan 0.1 m dengan pusat cincin tepat di atas pusat piringan, maka berapakah kecepatan sudut piringan dan cincin berputar bersamaan?
  3. Sumbu kedua roda depan dan belakang sebuah truk bermassa 3000 kg berjarak 3 m. Pusat massa truk terletak 2m di belakang roda depan. Tentukan beban yang dipikul oleh kedua roda depan truk!
  4. Sebuah benda berat di udara 20 N, di air 18 N. Tentukan: Gaya ke atas untuk zat cair tersebut! Massa jenis benda!
  5. Air mengalir melalui pipa mendatar dari penampang besar ke kecil dengan kecepatan 8 m/s. Apabila diketahui diameter , , dan tekanan , tentukan:
    1. Kecepatan air v2!
    2. Tekanan pada pipa penampang kecil A2!

Taken from many sources

Iklan

Penulis:

Nunnalita, nama penaku. Tidak ada yang istimewa mengenaiku, tiada jua aku berharap akan dikenal karena tulisanku, aku hanya suka menulis. Terimakasih sudah berkunjung ke rumah tulisanku ini. Kesan dan pesan kurindukan. Salam senang menulis :)

6 tanggapan untuk “Soal UTS Fisika Kelas XI Semester Genap

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s